Syaiful Azhar: Prestasi Akademik Siswa, Tanggung Jawab Sekolah

Logo Riung Center okHARAPAN INDAH – Ada dua “prestasi” yang selayaknya dijanjikan oleh sebuah institusi pendidikan seperti sekolah. Prestasi pertama adalah dari segi akademik, dan yang kedua adalah prestasi akhlak, kepribadian/karakter. Nah, kedua prestasi itulah yang menjadi jaminan mutu lulusan peserta didik SMP Model Ar Riyadh.

Menurut Kepala Sekolah SMP Model Ar Riyadh, tugas mencapai keduanya tidak hanya dibebankan kepada pihak sekolah. “Kita membagi kedua jaminan mutu itu kepada pihak sekolah dan wali murid. Untuk prestasi akademik, sepenuhnya menjadi tanggung jawab guru dan pihak sekolah,” ujar Pak Syaiful, panggilan akrabnya.

“Bila ada murid yang nilai matematikanya 6 (enam), misalnya. Maka, orangtua bisa ‘protes’ kepada pihak sekolah dan pihak sekolah akan menindaklanjutinya. Begitu pula, jika anak memperoleh nilai rendah di mata pelajaran lainnya, orangtua bisa mempertanyakan tanggung jawab pada sekolah.”

“Sementara, untuk ‘prestasi’ non akademik seperti kepribadian, akhlak, dan karakter anak, sekolah berbagi tugas dengan orangtua. Dalam hal ini, pihak sekolah akan menyusun sistem yang rapi demi terbentuknya kerja sama yang baik dengan orangtua.”

Pak Syaiful lalu memberi contoh, “Sekolah menargetkan anak-anak rajin membaca Al-Quran setiap hari minimal 10 menit setelah Shalat Maghrib. Nah, dalam hal ini orangtua pun harus ikut mendukung dengan cara mengingatkan anak dan memberi contoh.”

“Ya, serapi apapun sistem terbangun, kalau gak ada kerjasama yang baik dari wali murid, mustahil program itu akan berhasil,” pungkasnya.[KHO]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s