Sulitnya Menentukan “The Right Man on The Right Place”

Logo Riung Center okHARAPAN INDAH – Salah satu unsur dalam manajemen SDM adalah pendayagunaan. Maksudnya, menempatkan orang sesuai dengan kompetensinya sehingga bisa bekerja dengan optimal. Istilah lain yang sering digunakan adalah the right man in the right place. Dalam hal ini para pimpinan (dalam sekolah–kepala sekolah atau pihak yayasan) harus bisa melihat kemampuan atau kompetensi para guru atau karyawan, sehingga bisa menempatkan dalam posisi yang pas. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap kinerjanya. Apabila karyawan tidak punya kompetensi yang sesuai, bisa jadi hasilnya tidak akan seperti yang kita harapkan. Sebuah hadist menyatakan: “Apabila kita menyerahkan urusan tidak kepada ahlinya, maka tunggulah kehancurannya”.

Begitu pulalah, yang akan dijadikan pertimbangan oleh tim seleksi. Menempatkan orang yang tepat yang bisa diajak “berlari” bareng-bareng untuk membangun pendidikan lewat SMP Model Ar Riyadh. Maka, selain kompetensi dan kemampuan yang bersangkutan, pertimbangan orang yang tepat dan sesuai itulah menjadi hal tersulit untuk menentukan siapa yang akan dipilih.

Sebab, salah satu prinsip yang dipegang oleh Bapak Afify Jauhari dan Bapak H. Totok Setiawan, pimpinan PT Riung Mitra Lestari, ialah: Kita sudah capek-capek bantu sekolah, ya sekalian bagus lah… Jangan sampai nanggung atau malah di bawah standar. [KHO]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s