Afify Jauhari: Utamakan Bidang Pendidikan

Salah satu pesan yang disampaikan oleh Presiden Direktur PT Riung Mitra Lestari kepada saya, sebelum berangkat ke Kalimantan untuk tugas Community development di sekitar pertambangan di sana, adalah bidang pendidikan.

“Kamu coba arahkan agar program-program comdev perusahaan ini lebih fokus ke pendidikan,” ujar Pak Afify ketika itu.

Ya, sejak awal saya masuk ke lingkungan perusahaan PT RML, saya melihat berbagai program yang diadakan oleh perusahaan lewat yayasan sosialnya, Riung Center adalah di bidang pendidikan. Keterpurukan pendidikan, salah satunya diakibatkan oleh lemahnya kualitas SDM guru di sebuah sekolah. Gaji dan kesejahteraan memang memberi semangat–seperti kata Anies Baswedan, tapi ia tak menambah kualitas. Sebagai wujud nyatanya, PT RML memfokuskan bidang sosialnya dalam peningkatan kualitas SDM guru.

Riung Center mengadakan berbagai program pelatihan bagi guru dan siswa. Juga pelatihan bagi kepala sekolah dan pihak manajemen sekolah (yayasan). Mulai dari training manajemen sekolah, training effective teaching, Effective learning, diklat pustakawan, class room manajemen, dan lain sebagainya. Riung Center juga memberikan insentif tambahan bagi sekolah yang membutuhkan tambahan guru, sementara mereka secara finansial tidak sanggup memberikan gaji.

“Pendidikan adalah investasi terbaik bagi masa depan bangsa,” ujar beliau lagi.

Saya meyakini pernyataan itu dan mengamininya. Maka, pilihan PT Riung Mitra Lestari untuk memfokuskan garapan sosialnya di bidang pendidikan adalah sebuah pilihan tepat–dengan melihat kondisi masyarakat sekitarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s