Bermain “Plesetan” untuk Mengingat

This slideshow requires JavaScript.

MEDAN SATRIA – Salah satu teknik mengingat yang diajarkan dalam Training Effective Learning for Student di SDIT Ar-Riyadh Pejuang adalah teknik “plesetan”. Teknik ini diajarkan pada hari ketiga pelaksanaan training yang digelar Riung Center Yayasan Alam Tata Amaliah yang bekerjasama dengan Ummi Foundation dan Lembaga Ar-Riyadh.

Ustadz Tukardi sang trainer memulai pengajarannya dengan memberikan kuis antar kelompok untuk mencari dan menuliskan kata yang benar 3 (tiga) huruf akhirnya. Kata yang pertama, Ustadz Tukardi menayangkan kata “subur“. Para siswa (antar kelompok) lalu diminta berlomba-lomba mencari kata yang 3 huruf terakhirnya sesuai dengan kata tersebut (BUR).

Lima kelompok pun berlomba-lomba untuk menemukan sebanyak-banyaknya kata yang berakhiran “…bur”. Setelah itu, dijumlahkan hasil yang diperoleh tiap kelompok. Hasil tugas itu menghasilkan bintang bagi tiap kelompok, jika jawabannya benar. Lalu, disusul dengan kata “topan” dan para siswa pun diminta melaksanakan tugas yang sama.[KHO]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s