Juknis Beasiswa Anak Yatim Berprestasi

HARAPAN INDAH – Dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa Indonesia dalam segala bidang, khususnya mutu pendidikan dan pengembangan potensi sumber daya yang dinilai masih sangat rendah, PT Riung Mitra Lestari and Group melalui “Riung Center” Yayasan Alam Tata Amaliah mencanangkan Program Beasiswa Anak Yatim. Yayasan Alam Tata Amaliah sendiri dibentuk untuk mewujudkan misi sosial dari perusahaan.

Program Beasiswa Anak Yatim ini membawa misi untuk melahirkan insan terbaik bangsa yang memiliki pemahaman kebangsaan secara komprehensif, integritas dan kredibilitas tinggi, berkepribadian, unggul, serta peduli terhadap kehidupan bangsa dan negara. Tujuan utama program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan SDM anak-anak yatim sehingga kelak manjadi insan yang mandiri, unggul, dan mempunyai prestasi terbaik dalam dunia pendidikan dan berperan aktif di lingkungannya.

PT Riung Mitra Lestari and Group mencoba ikut berperan serta membangun bangsa lewat program-program di bidang pendidikan, pertanian, perkebunan dan perikanan. Salah satu program di bidang pendidikan yang telah dilaksanakan adalah Program Pengembangan Mutu SD/MI di sekitar Bekasi tahun 2011 – 2014. Program ini dilaksanakan lewat kerjasama dengan Lembaga Ummi Foundation Surabaya dan telah berjalan setengah tahun. Berbagai kegiatan training dan pelatihan untuk pengembangan kualitas guru dan manajemen sekolah pun telah dilaksanakan.

B. Visi dan Misi Program

Visi

Melahirkan kader terbaik bangsa yang memiliki pemahaman kebangsaan secara komprehensif, integritas dan kredibilitas tinggi, berkepribadian, moderat serta peduli terhadap kehidupan bangsa dan negara.

Misi

1. Menumbuhkan kader terbaik bangsa dari kalangan anak yatim.
2. Menghasilkan lulusan yang dapat membangun potensi diri untuk kepentingan diri, keluarga, dan masyarakat di lingkungannya.
3. Menghasilkan lulusan yang mandiri, memiliki daya saing dan integritas yang andal.
4. Meningkatkan kapasitas individu untuk berkontribusi pada daya saing bangsa.

C. Tujuan dan Sasaran

a. Tujuan
Pemberian Beasiswa Anak Yatim bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar dan mengenyam pendidikan bagi anak-anak yatim, sama seperti anak-anak lainnya.

b. Sasaran

Untuk tahap awal, pemberian beasiswa diberikan kepada 60 (Enam Puluh) anak yatim yang berada di lingkungan perusahaan PT Riung Mitra Lestari, Kota Harapan Indah Bekasi. Adapun mekanisme penyaluran beasiswa dilakukan lewat kerjasama dengan 3 (tiga) yayasan yang ditunjuk, antara lain:
1. Yayasan Asy-Syuhada, Masjid Asy-Syuhada Harapan Indah
2. Yayasan Al-Hidayah, Jln. Melon I Blok SBNo. 11 Harapan Indah, dan
3. Yayasan Al-Maemun, Jl. KH. Mukhtar Thabrani No. 10 Teluk Buyung Kaliabang Tengah

Adapun anak-anak yatim yang menjadi sasaran penerima beasiswa antara lain:
1. Masih sekolah di tingkat dasar (SD/MI)
2. Putus sekolah atau terkendala biaya pendidikan
3. Mempunyai prestasi, baik di bidang pendidikan, seni, olahraga, maupun aktif dalam kegiatan di lingkungannya
4. Punya keinginan yang kuat untuk sekolah (belajar)
5. Diutamakan minimal sudah duduk di kelas 3 SD/MI (tidak harus)

D. Bentuk dan Pola Pendanaan Beasiswa Anak Yatim

a. Bentuk Beasiswa
1. Peserta program beasiswa anak yatim merupakan rekomendasi dari 3 (tiga) yayasan yang bekerjasama dengan “Riung Center” Yayasan Alam Tata Amaliah Bekasi; Yayasan Asy-Syuhada, Yayasan Al-Hidayah, dan Yayasan Al-Maemun.
2. Untuk tahap awal, tiap yayasan yang ditunjuk merekomendasikan 20 (Dua Puluh) anak sebagai calon penerima beasiswa.
3. Penerima beasiswa yang direkomendasikan harus sesuai dengan ketentuan seperti yang tercantum dalam sasaran.
4. Penerima beasiswa (lewat yayasan yang ditunjuk) wajib melaporkan fotokopi raport (hasil belajar) tiap semester kepada pemberi beasiswa sebagai bahan evaluasi.
5. Tiap tahun akan diadakan evaluasi terhadap kelayakan penerima beasiswa, sehingga ada kemungkinan beasiswa diberikan kepada anak yatim yang lainnya pada tahun berikutnya.
6. Peserta program beasiswa akan menerima beasiswa bulanan yang meliputi biaya SPP, seragam, ekstrakurikuler, buku, dan uang saku harian.
7. Peserta program akan diberikan beasiswa sampai lulus sekolah dasar, kecuali karena sebab-sebab tertentu yang mengharuskan pengalihan dana beasiswa kepada calon penerima yang lain.
8. Program Beasiswa ini dimulai pada bulan Pebruari 2012.

b. Pola Pendanaan

Dalam pelaksanaan beasiswa anak yatim ini, dibutuhkan kerjasama antara pemberi beasiswa (PT Riung Mitra Lestari & Group) dengan yayasan yang ditunjuk, sehingga dibutuhkan pola pendanaan tersendiri dalam penyaluran beasiswa ini.
1. Pemberi beasiswa akan menyalurkan dana beasiswa setiap bulan kepada 3 (tiga) yayasan yang ditunjuk sebagai penyalur beasiswa.
2. Pemberi beasiswa (PT Riung Mitra Lestari & Group) menyalurkan beasiswa lewat badan sosial yang dibentuknya, yakni “Riung Center” Yayasan Alam Tata Amaliah, untuk kemudian disalurkan kepada 3 yayasan yang ditunjuk.
3. Dana beasiswa akan diberikan tiap awal bulan dan diberikan secara langsung kepada pengurus yayasan yang dimaksud atau melalui transfer bank yang disepakati kedua belah pihak.
4. Dana bulanan yang diberikan oleh pemberi beasiswa merupakan cicilan untuk kebutuhan anak selama setahun/semester (seperti SPP bulanan; seragam tahunan; ekstrakurikuler tahunan; buku semesteran).
5. Sistem penyaluran/distribusi dana beasiswa kepada siswa penerima beasiswa diserahkan kepada tiga yayasan yang ditunjuk.
6. Rincian dana bulanan yang diberikan oleh pemberi beasiswa adalah sebagai berikut:

No Uraian Jumlah Total Keterangan
1 SPP 50.000/bulan 50.000 600rb/thn
2 Ekstrakurikuler 25.000/cicilan bulan 25.000 300rb/thn
3 Buku 20.000/cicilan bulan 20.000 240rb/thn
4 Seragam 25.000/cicilan bulan 25.000 300rb/thn
5 Uang saku 5.000 x 26 hari 130.000
TOTAL 250.000*

*Rincian di atas bisa berbeda-beda tergantung kondisi sekolah tiap penerima beasiswa.

E. Penutup

Akhirnya untuk menutup uraian dalam Panduan Beasiswa Anak Yatim ini, diharapkan bahwa program Beasiswa Anak Yatim ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan. Bermanfaat bagi keluarga besar PT Riung Mitra Lestari, Yayasan-yayasan yang bekerjasama dengannya, anak-anak yang membutuhkan, dan masyarakat pada umumnya. Semoga niat tulus kita semua mendapat ridho dari Allah SWT dan diberikan balasan yang berlipat ganda. Amin….

Bekasi, 30 Januari 2012

Moh. Shorih Al-Kholid
Manajer Riung Center

Mengetahui,

H. Totok Setiawan
SEKRETARIAT:
“Riung Center” Yayasan Alam Tata Amaliah
Blok BB 06 Kota Harapan Indah Bekasi Barat
Kantor : Telp. 021 – 888 658 22
Email : riung.center@gmail.com
Blog : riungcenter.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s