Kerangka Acuan Seminar Membangun Mutu Pendidikan Berbasis Karakter

A. PENGANTAR

Kegiatan Seminar Pendidikan ini merupakan bagian integral dari rangkaian kegiatan Program Pengembangan Mutu SD/MI di Bekasi yang digagas oleh “Riung Center” Yayasan Alam Tata Amaliah Bekasi. Program yang digagas Riung Center dengan menggandeng Lembaga Ummi Foundation Surabaya ini berlangsung mulai Juni 2011 hingga Juli 2014. Pelaksanaannya diawali dengan launching Program Pengembangan Mutu SD/MI pada tanggal 4 Juli di SDI Nur Hikmah Pondok Melati Bekasi Selatan.

Untuk tahap awal, Riung Center menggandeng 4 sekolah binaan yang akan dijadikan sebagai sekolah model lewat berbagai program pengembangan mutu sekolah dan SDM sekolah selama 3 tahun mendatang. Selain Sebelumnya, telah dilaksanakan Pelatihan Manajemen Mutu Sekolah bagi kepala sekolah. Acara pelatihan ini mengundang kepala sekolah dari 4 sekolah binaan dan sekolah-sekolah di daerah Bekasi. Juga, pelatihan bagi guru-guru Al-Qur’an agar dapat mengajarkan Al-Qur’an dengan mudah, asyik, dan menyenangkan.

Acara seminar pendidikan ini merupakan salah satu wujud kepedulian “Riung Center” Yayasan Alam Tata Amaliah Bekasi terhadap dunia pendidikan sebagai upaya mengubah paradigma lama terhadap profesi guru; sebagai ujung tombak Menteri Pendidikan Nasional dan pemerintah dengan paradigma baru; sebagai profesi yang terhormat, profesionalisme guru sebagai pendidik, dan pengembalian citra guru sebagai pemilik tunggal dengan sebutan pahlawan tanpa tanda jasa.

Acara Seminar Pendidikan Nasional dengan Tema: “Membangun Mutu Sekolah Berbasis Karakter” bekerja sama dengan Ummi Foundation Surabaya, YPI Nur Hikmah, dan Diknas Bekasi akan dilaksanakan tanggal 23 Juli 2011 bertempat di Aula YPI Nur Hikmah Kec. Pondok Melati Bekasi Selatan. Pada sesi pertama, dua orang narasumber akan berbicara tentang membangun mutu sekolah berbasis karakter. Kedua narasumber itu adalah Drs. Masruri, M.Pd. (Trainner dan Direktur Lembaga Ummi Foundation Surabaya) dan Drs. Sodiqin, M.Pd. (Trainner dan Direktur Lembaga Pendidikan Al-Falah Surabaya).

Selain itu, pada sesi kedua seminar akan menghadirkan pembicara Pemegang Rekor Memori dari MURI, Mr. Super Genius Memori, Irwan Setiatmoko, ST, .Cht.NLP Pract. Yang akan memberikan pelatihan khusus dalam hal effective learning dan kemampuan daya ingat, yang bias diterapkan dalam pengajaran bagi siswa-siswi di kelas.

B. MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun maksud dan tujuan diadakannya Seminar Mutu Sekolah ini antara lain:
1. Mempererat silaturahmi antara guru se Bekasi
2. Menjadikan guru punya kualitas pembelajaran yang memadai
3. Membekali guru dengan berbagai konsep effective learning, effective teaching, dan caracter building.
4. Memperkenalkan metode dan sistem pendidikan yang ada dan terbaru
5. Mengenalkan konsep mutu sekolah dan cara membangunnya

C. SASARAN

Seminar Membangun Mutu Sekolah ini bermaksud mengembangkan kapasitas tenaga pengajar seoptimal mungkin dalam proses belajar mengajar, membentuk karakter pribadi peserta didiknya, memiliki jiwa kependidikan yang tinggi, melakukan pembelajaran secara efektif, dan berwawasan global serta professional.

D. TARGET PRIORITAS

Target prioritas dari Seminar Mutu Sekolah ini adalah :
1. Guru-guru dari 4 sekolah binaan Riung Center Yayasan Alam Tata Amaliah.
2. Guru-guru dari sekolah di sekitar Riung Center Bekasi
3. Guru-guru dari sekolah di daerah Bekasi
4. Komite sekolah
5. Pecinta pendidikan

E. NAMA KEGIATAN

Kegiatan ini diberi nama Seminar Sehari dengan tema “Membangun Mutu Sekolah Berbasis Karakter”.

F. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Kegiatan Seminar Pendidikan ini akan dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal : Sabtu, 23 Juli 2011
Waktu : 08.00 s.d. 16.00 WIB
Tempat : Aula Yayasan Nur Hikmah Kec. Pondok Melati Bekasi Selatan

G. PESERTA DAN PANITIA

Peserta dalam Kegiatan Seminar ini ditargetkan minimal 200 orang peserta. Peserta berasal dari Guru, Dosen, Mahasiswa, Pecinta Pendidikan, dan masyarakat. Adapun kepanitiaan dilaksanakan oleh pengurus Yayasan Alam Tata Amaliah dengan bantuan panitia lokal dari SDI Nur Hikmah Bekasi.

H. PEMBICARA

Pembicara yang akan mengisi kegiatan tersebut adalah :
1. Drs. Masruri, M.Pd. (Direktur Ummi Foundation Surabaya)
2. Drs. Shodiqin, M.Pd. (Direktur Lembaga Pendidikan Al-Falah Surabaya)
3. Mr.SGM.Irwan Setiatmoko, ST.Cht.NLP Pract. (Pemegang Rekor Memori MURI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s